18 May 2007

C I N T A

Cobalah mencintai seseorang, bukan sekadar mengharap kamu akan mendapat sesuatu dari dirinya. Cintailah dia karena dia. Bukan sekadar karena bening matanya menenggelamkanmu dalam samudera rasa tak terperikan, apalagi cuma karena bau tubuhnya membangkitkan saraf-saraf birahimu. Tetapi dengan penerimaan pada kompleksitas dan kerumitan dirinya, pada kekurangan dan ketidaksempurnaannya.

~Cinta Bukan Romantisme-Toga~
Cinta tak harus memiliki...
Cinta tak juga harus bersama...

Begitulah kata orang. Tetapi, betapa nikmatnya, ketika bercinta kita bisa memiliki dan selalu bisa bersama dengan yang kita cintai.
(read more)

9 comments:

Anonymous said...

cinta itu : cara alam menipu kita supaya kita ber-reproduksi

toga said...

Tuh kan, bagus banget. Tulisan ini tidak lagi tentang cinta, tapi dalam cinta.
Btw, aku suka bgt dengan "Pecinta sejati tidak pernah mengorbankan apapun. Karena apapun yang dilakukan untuk dicintanya semua berdasarkan cinta."
Dalem...
Tapi, masa balesan comment aku yang berisi saran agar blogmu ini dibukukan, malah nyasar ke blog-nya si aroengbinang sih?
Tuh, kan... Hanum lagi mabuk cinta seh... ;)

Munawar said...

CINTA..
5 huruf berjuta makna..
tapi karena "Cintailah dia karena dia"
sangat menyergapi sebuah maknanya..
:)
just to be "An ... Beloved......"

VxillixV said...

cinta.... hm
ini nih yg bikin sakit kepala, bs jadi duri dalam daging juga bisa bwt orang musuhan bagi yg egois
tapi bagi yg bs memahaminya cinta bisa menjadi sangat indah dan menyenangkan ^^

Mochtar Han said...

namun apakah mungkin hal itu terjadi kecuali tenggelam dalam lautan kata-kata, apakah bisa terwujud jika kita masih sebagai manusia,

kita tak pernah menang, kita selalu terkalahkan di dunia, kecuali saat kita memang benar-benar sadar bakal mati, bakal hidup abadi.

Altratimuri said...

Aku coba berbagi cerita tentang cinta. Bukan bermaksud menganalogokan makna cinta itu sendiri. Ini hanya sedikit celoteh.

Suatu hari, datang seorang murid pda gurunya. Ia bertanya pada sang guru. "Apakah cinta itu sebenarnya?", Sang guru menjawab, "Ikutlah denganku ke taman, disana akan ku jelaskan".

Sesampai di taman yang penuh dengan bunga, sang guru pun memberikan petunjuk kepada muridnya. "Nak, Jalanlah engkau dari ujung sini sampai ujung sana, apabila kau telah berjalan, kau tak boleh menoleh dan kembali kebelakang, lihatlah setiap bunga yang ada, bila kau suka, boleh kau petik, tapi hanya satu dan tak boleh kau ganti".
Setelah mendengar petunjuk san guru, ia pun berjalan. Mulai dilihatnya satu persatu bunga itu. Sewaktu dilihatnya bunga berwarna merah, tampak olehnya bunga putih yang lebih indah. Saat ia melihat bunga putih itu, tampak lagi bunga ungu yang jauh lebih indah. Begitu seterusnya.. sampai ia tak sadar kalau ia telah sampai di ujung terakhir jalan di taman itu. Namun belum satupun bunga dipetiknya.
Ia bingung, Kenapa tak ada yang kupetik, semuanya tampak lebih indah dari yang lain..
Dan ia tak bisa menetapkan hatinya pada datu pun pilihan...

Vie said...

Apa arti sebenarnya cinta itu? Terlalu banyak artinya. Eniwei... lam kenal yach, tulisannya menarik.

whitegun said...

Cintai dia karena dia... rasanya sulit, krn kita tertarik pada seseorang karena ada sebabnya, kalau cintai dia karena dia, berarti mencintainya tanpa alasan dunk, artinya juga pernyataan cinta kita ke dia sulit untuk dipertanggung jawabkan ketika ada yang bertanya "Mengapa kau mencintainya?" Aku rasa kalau jawabannya karena dia, itu jawaban yang masih nanggung, emangnya dia kenapa sampai kau bisa jatuh cinta padanya? Kalau jawabannya masih sama, berarti dapat disimpulkan kau mencintainya tanpa alasan. Menurut aku seh, yang bener itu "cintai dia apa adanya," itu baru bener...
Kata cinta dan sayang sebenarnya memang memiliki arti yang sama, hanya kadarnya berbeda. Perhatikan film-film dari negeri seberang yang menggunakan American English sebagai bahasa dialognya, mereka sering mengatakan I love you dead. Walau kata itu keluar dari mulut seorang anak lelaki pada ayahnya, apa itu artinya sang anak dan ayahnya adalah pasangan gay yang saling mencintai? Bukan. I love you dead dalam kalimat ini mengandung arti bahwa sang anak menyayangi ayahnya. Jadi kata love (cinta) juga bisa diartikan sayang.

Anonymous said...

wakakakkak...lagi jatuh cinta ya? Halah... didramatisir kalee....